6 Kekurangan Kamera Mirrorless yang Perlu Kamu Ketahui

by. Admin 3 - 30-Mar-2023

img

joelcamera.id - Kamera mirrorless merupakan salah satu jenis kamera digital yang semakin populer belakangan ini. Dibandingkan dengan kamera DSLR, kamera mirrorless memiliki kelebihan-kelebihan tertentu, seperti ukurannya yang lebih kecil dan ringan, serta kemampuan merekam video yang lebih baik. Namun, seperti halnya produk teknologi lainnya, kamera mirrorless juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan untuk membeli kamera ini. Berikut adalah beberapa kekurangan kamera mirrorless:

Baca juga: Harus Tahu! Ini Dia 5 Kelebihan Kamera Mirrorless

1. Kurangnya pilihan lensa
Kamera DSLR telah ada selama beberapa dekade, sehingga ada banyak pilihan lensa yang tersedia untuk jenis kamera ini. Di sisi lain, kamera mirrorless relatif baru dan masih memiliki jumlah lensa yang lebih sedikit. Anda mungkin perlu menyesuaikan gaya fotografimu dengan pilihan lensa yang tersedia di pasaran.

2. Harga yang lebih mahal
Meskipun kamera mirrorless memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan kamera DSLR, harganya seringkali lebih mahal. Hal ini disebabkan oleh teknologi yang lebih baru dan mahal yang digunakan untuk membuat kamera mirrorless, seperti teknologi sensor gambar dan prosesor gambar yang lebih canggih.

3. Kehidupan baterai yang lebih singkat
Kamera mirrorless biasanya mengonsumsi baterai lebih cepat dibandingkan dengan kamera DSLR. Hal ini karena kamera mirrorless harus menggerakkan lebih banyak komponen, seperti sensor gambar, prosesor gambar, dan layar LCD atau EVF. Kamu mungkin perlu membawa baterai cadangan jika kamu berencana untuk menggunakan kamera mirrorless untuk waktu yang lama.

Baca juga: Berikut 5 Kelebihan dan Kekurangan Kamera DSLR

4. Performa autofokus yang lebih lambat
Saat ini, autofokus pada kamera mirrorless telah meningkat pesat, tetapi beberapa model masih memiliki performa autofokus yang lebih lambat dibandingkan dengan kamera DSLR. Hal ini terutama terjadi pada kondisi pencahayaan yang buruk atau jika objek yang diambil bergerak sangat cepat.

5. Keterbatasan dalam pemotretan olahraga atau tindakan cepat
Kamera mirrorless biasanya memiliki kecepatan rana yang lebih lambat dibandingkan dengan kamera DSLR. Hal ini dapat menyebabkan beberapa kekurangan dalam pemotretan olahraga atau tindakan cepat yang memerlukan kecepatan rana yang sangat tinggi untuk mengambil gambar yang tajam.

6. Kurangnya fitur pengambilan gambar yang dimaksudkan untuk pemula
Kamera mirrorless seringkali memiliki fitur pengambilan gambar yang lebih canggih dibandingkan dengan kamera point-and-shoot, namun kadang-kadang fitur tersebut tidak disediakan untuk pemula. Beberapa kamera mirrorless memerlukan pengetahuan teknis yang cukup untuk dapat digunakan dengan benar, yang mungkin terlalu rumit bagi sebagian orang.

 Baca juga: 8 Langkah Menggunakan Kamera DSLR


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp